Penyebab Harga Barang Naik Terus

Saat ini harga barang naik. Tentu saja yangmenjadi salah satu penyebab utamanya adalah karena bahan bakunya sedang langka. Misalnya saja, seperti kedelai yang mulai tergantung dari impor. Sehingga, hal ini membuat harganya tempe dan tahu ini semakin meningkat harganya. Hal ini juga berlaku sama seperti bahan pokok yang lainnya, beserta sejumlah barang yang sekunder yang lainnya. Entah itu dari jasa dan elektronik, saat ini semuanya serba naik. Di bawah ini adalah beberapa penyebab dan alasan kenapa harganya bisa terus naik setiap waktu, antara lain:

  1. Berdasarkan ilmu ekonomi, saat ini peningkatan nilai jual barang itu dikarenakan oleh banyaknya jumlah permintaan sementara barang persediaannya sedang terbatas. Sehingga, tidak terjad isebuah keseimbangan di antara penawaran dengan permintaan yang ada. Tidak imbangnya antara permintaan dengan penawaran ini bisa terjadi karena terjadinya moment tertentu. Misalnya saja di hari natal, hari raya Idul Fitri, hari menjelang tahun baru, umumnya semua orang mulai berlaku konsumtif semakin meningkat. Sehingga, hal ini membuat semua nilai jual barang semakin meningkat.
  2. Semua orang saat ini banyak yang bersifat konsumtif karena banyaknya uang yang didapatkan dari banyak cara. Misalnya saja, dari THR, gaji ke-13, dan masih banyak yang lainnya. Banyak mereka mulai bingung untuk membeli beberapa barang tertentu yang membuat harganya barang menjadi semakin lebih naik karena jumlah permintaan yang banyak.
  3. Barang dan bahan yang terpusat pada 1 kelompok saja bisa menyebabkan terjadinya monopoli yang kemudian membuat harganya barang semakin dipermainkan. Akibatnya, terjadilah persaingan yang tidak sehat dan membuat semua barang-barang dijual dengan nilai yang mahal pada masa tertentu.

Melihat saat ini harga barang selalu naik, maka semua masyarakat diminta harus lebih pandai dalam mengontrol biaya pengeluaran mereka sehari-hari. Pembelian barang itu seharusnya cukup dilakukan sekedarnya saja dengan memakai skala prioritas. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu memaksakan diri Anda untuk tidak menjadi salah satu korban dari iklan. Dengan begitu, Anda bisa lebih menahan diri untuk membeli barang yang tidak perlu disaat semuanya sedang naik harganya.