Tahap Penerapan Konsultan Iso 17025

ISO 17025 adalah sebuah standar internasional dimana mengatur standar laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi melalui akreditasi. Indonesia saat ini mengikuti standar ISO 17025 yang dihimpun dan dikalibrasi melalui badan standardisasi nasional atau biasa disebut BSN sejak tahun 2008, sedangkan untuk tahapan akreditasi pemerintah telah menunjuk komite akreditasi nasional atau KAN. Kalibrasi yang ditetapkan oleh (KAN) telah diakui seluruh Negara kawasan Asia Pasifik, hal itu terjadi karena mereka sudah melakukan perjanjian saling mengakui (mutual recognition agreements).

Perusahaan yang hendak menerapkan ISO harus melaksanakan beberapa tahapan, dimana setiap tahapan akan dibimbing oleh konsultan yang mereka tunjuk.

  1. Konsultan melakukan analisis kesenjangan

konsultan ISO akan melakukan pengkajian kondisi manajemen organisasi saat itu, dan membandingkannya dengan persyaratan standar ISO 17025. Dan hasil dari kajian ini akan dipresentasikan kepada pihak manajemen.

  1. Konsultan merekomendasikan organisasi membentuk tim ISO

Konsultan akan mengusulkan untuk dibentuknya sebuah tim, dimana dalam tim tersebut terdiri dari anggota organisasi yang memahami dengan baik prosedur penerapan ISO.

  1. Pemberian training pemahaman dokumentasi

Pihak konsultan akan memberikan pelatihan untuk memahami persyaratan serta mengajarkan pengerjaan dokumentasi, sehingga anggota organisasi dapat memahami secara penuh persyaratan yang dibutuhkan untuk menyelsaikan ISO 17025.

  1. Pemfasilitasan pengembangan system

Organisasi akan dipandu hingga bisa mengembangkan dokumentasi sesuai persyaratan ISO, namun tetap berdasar pada manual, prosedur, intruksi kerja, diagram alir, daftar periksa dan juga formulir.

  1. Memastikan efektifitas penerapan system

Konsultan iso 17025 dan perwakilan organisasi akan melakukan sosialisasi system dan prosedur iso agar seluruh anggota memahami dan mampu menerapkannya secara efektif di bagian masing- masing.

  1. Training audit internal

Pihak konsultan akan memberikan training audit guna untuk memastikan kesiapan anggota menjalani audit yang sesungguhnya, juga untuk memperbaiki temuan yang kelihatannya tidak sesuai secara periodic agar bisa dipastikan lolos saat menjalani audit sesungguhnya.

  1. Perbaikan audit sertifikasi

Konsultan akan membantu organisasi untuk menutup temuan audit sertifikasi, serta mengirimkan kepada badan sertifikasi sebagai persyaratan terbitnya sertifikat ISO 17025.