5 Tips Menjaga Kesehatan Tulang agar Tetap Sehat Saat Hamil

Kesehatan tulang sangat diperlukan selama proses kehamilan karena berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan kekuatan tubuh yang harus menopang berat janin dalam kandungan. Oleh karena itu, tips menjaga kesehatan tulang harus rutin dilakukan. apa saja itu? inilah tips untuk Anda dalam mengoptimalkan kesehatan tulang.

  1. Mencukupi Kebutuhan Kalsium

Kalsium sudah terkenal sebagai zat gizi yang berguna untuk menguatkan tulang. Anggota gerak dan persendian Anda akan terjaga kondisinya dengan memenuhi kebutuhan kalsium setiap harinya yaitu sebanyak 1300 mg. anda dianjurkan mengonsumsi makanan mengandung kalsium yang memadai sesuai dengan porsi selama masa kehamilan.

Pemenuhan kalsium selama kehamilan sangat penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tulang bayi di dalam kandungan. Bayi akan terlahir sehat, kuat, dan aktif karenanya. Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium, seperti susu, almond, sayuran hijau terutama brokoli, dan masih banyak lagi.

  1. Mengonsumsi Makanan Mengandung Vitamin D

Vitamin D juga sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tulang. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D setiap harinya, tulang menjadi kuat dan sehat. Anda akan semakin kuat, lebih aktif, dan tidak mudah lelah. Makanan yang mengandung vitamin D adalah telur, susu, kedelai, dan lain sebagainya.

  1. Melakukan Olahraga yang Aman Selama Hamil

Olahraga sangat baik menunjang kesehatan tulang. Selama kehamilan, Anda tetap bisa berolahraga dengan catatan harus melakukan olahraga yang aman dan tidak menguras energi. Kegiatan olahraga ini juga melenturkan tubuh, sehingga memudahkan kegiatan selama hamil. Anda juga tetap bisa melakukan hubungan intim dengan beberapa posisi sex yang aman.

Jalan sehat, senam, dan berenang adalah jenis olahraga yang bisa Anda lakukan saat hamil. Secara khusus, prenatal yoga sangat dianjurkan untuk dilakukan karena gerakannya yang dikhususkan untuk ibu hamil agar tulang bisa lebih kuat, sehat, dan lentur. Gerakannya juga membuat rileks.

  1. Mengoptimalkan Waktu Istirahat

Istirahat sangat diperlukan agar kondisi tubuh bisa kembali sehat dan berenergi. Metabolisme dan regenerasi sel juga berjalan optimal. Saat hamil, waktu istirahat harus lebih diperhatikan terkait kesehatan Anda dan janin di dalam kandungan. Dengan istirahat yang cukup dan teratur, kesehatan tulang akan terjaga. Anda tidak akan kelelahan.

Untuk mengoptimalkan waktu istirahat, Anda bisa melakukan tidur siang, tidur malam yang cukup, bersantai, berwisata, melakukan hobi, dan kegiatan istirahat pasif lainnya yang membuat Anda senang. Hal ini akan menjadikan tubuh rileks dan tidak menyimpan beban atau merasa lelah akibat melakukan rutinitas yang menyibukkan.

  1. Menghindari Kegiatan yang Melelahkan

Kegiatan yang melelahkan seperti yang biasanya dilakukan tentu saja harus dihindari selama masa kehamilan. Tujuannya agar Anda tidak kelelahan dan kondisi janin tetap sehat selama berada di dalam kandungan. Kesehatan tulang akan optimal jika Anda menghindari pekerjaan berat atau kegiatan yang melelahkan. Beban yang harus dijalankan tidak akan berlebih.

Selama masa kehamilan, tentu saja aktivitas Anda harus dikurangi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh yang umumnya mudah lelah. Tubuh yang mudah lelah ini disebabkan Anda harus menopang janin dengan berat semakin bertambah. Karenanya, tips menjaga kesehatan tulang tersebut sangat penting. Anda harus melakukannya secara rutin dan berkala.